Rabu, 19 April 2017

PENGENALAN ANIMASI & DESAIN GRAFIS (TUGAS 1)

DASAR  ACTIONSCRIPT

   1.       Definisi Actionscript
ActionScript merupakan bahasa scripting yang terdapat di dalam program Flash. Tujuan penggunaan ActionScript ialah untuk mempermudah pembangunan suatu aplikasi atau animasi. Biasanya semakin kompleks animasi pada Flash, maka akan semakin banyak memakan frame. Dengan ActionScript, penggunaan frame tersebut dapat dikurangi, bahkan dapat membuat animasi yang kompleks hanya dengan satu frame saja (Pranowo, 2011: 11). ActionScript juga merupakan sebuah kumpulan dari action, function, event, danevent handler yang memungkinkan untuk dikembangkan oleh para developer untuk membuat Flash movie atau animasi yang lebih kompleks dan lebih interaktif. Selain itu ActionScript juga dapat mengubah kebiasaan linier pada Flash. Sebuah ActionScript dapat menghentikan sebuah movie atau animasi di frame tertentu lalu berulang ke framesebelumnya atau frame mana saja tergantung masukan yang diberikan oleh user(Sunyoto, 2010: 9).

   2.       Fungsi Action Script
Action script memeliki beberapa fungsi atau peran yang dapat membantu dalam merancang situs atau movie Flash, diantara nya :
a. Membuat sistem navigasi situs
   Hal ini berkaitan dengan bagaimana Action Script dapat mengatur user menjelajahi situs atau             program yang telah dibuat. Dengan demikian animasi situs yang telah dibuat tidak hanya menjadi    “film iklan” belaka, kecuali memang dinginkan seperti itu (dalam kasus film kartun menggunakan        Flash).
b. Menambahkan interaktivitas dengan user
   Dengan action Script user dapat berinteraksi dengan setiap elemen di dalam movie Flash, baik itu        tombol movie klip maupun teks.
c. Membuat situs atau Program yang dinamis
d. Membuat Simulasi dan animasi dalam pembelajaran

   3.       Jenis Action Script
ActionScript menjadi 3 jenis berdasarkan letaknya. Jenis-jenis ActionScript tersebut ialah:

a.       FrameScript


FrameScript merupakan ActionScript yang diletakkan pada frame. FrameScript tidak memiliki aturan tertentu dalam penulisannya. Namun yang perlu diperhatikan ialah penulisan FrameScript ini hanya bisa dilakukan di keyframe atau blank keyframe yang terdapat pada timeline. Ciri-ciri keyframe atau blank keyframe yang telah diberikan ActionScript ialah adanya tanda berupa huruf ‘a‘ kecil.

b.      MovieScript
MovieScript merupakan ActionScript yang diletakkan pada movie clip. Aturan penulisansyntax MovieScript ialah sebagai berikut:

onClipEvent(event){
 baris statement atau perintah;
}

Arti syntax movieScript diatas adalah :
·       Kata 'on' menunjukan bahwa perintah ini ditujukan untuk MovieClip tempat diletakannya scriptdan ini merupakan syarat utama untuk Script yang digunakan pada Button.
·   Kata 'event' menunjukan event yang terjadi pada Button tersebut. ada 7 event yang terdapat pada buttonyaitu press, release, rollOver, rollOut, dragOver, dragOut, dan keypress. Meski demikian hanya dua event yang sering digunakan yaitu press dan release.

Ada beberapa jenis event yang dapat digunakan pada MovieScript, antara lain load,enterFrame, unLoad, MouseUp, MouseDown, KeyDown, KeyUp, dan Data.

c.       ActionScript pada Button
Selain dapat diletakkan pada frame dan movie clip, ActionScript dapat pula diletakan pada objek button. Aturan penulisan syntax untuk ActionScript pada button ialah sebagai berikut:

on(event){
                  baris statement atau perintah;
}

Event untuk ActionScript pada button antara lain press, release, rollOver, rollOut,dragOver, dragOut, dan Keypress.

   4.       Action Script dalam Flash
Flash seperti software gado-garo di mana di dalamnya terdapat semua
kelengkapan yang dibutuhkan. Mulai dari fitur menggambar, ilustrasi,
mewarnai, animasi dan programming. Oleh karena itu Flash Actionscript sangat
unik untuk dipelajari dan yang pasti menyenangkan. Flash Player dengan bahasa ActionScript. Fungsi ini adalah jembatan antara inti/core bahasa ActionScript dan sisanya dari platform. Ini adalah sumber dari banyak keunggulan yang tersedia untuk aplikasi Flash dan sangat penting untuk melengkapi bahasa inti. Meskipun tidak ada ruang di sini untuk menutupi API secara rinci. 

Untuk membuat suatu animasi atau membuat permainan sederhana di Flash,
scripting yang dibutuhkan tidak rumit dibanding dengan bahasa pemrograman
lain. Jarang ada di suatu software dari mulai menggambar, animasi, dan
programming-nya dilakukan di tempat yang sama. Ini yang membuat Flash
sangat menyenangkan untuk siapa saja.
Actionscript di Flash memang pertamanya sangat sulit dimengerti jika
seseorang yang tidak mempunyai dasar atau mengenal Flash. Tetapi jika sudah
mengenalnya, kita tidak bisa lepas dari Actionscript karena sangat
menyenangkan dan dapat membuat pekerjaan jauh lebih mudah dan cepat.

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar