Sabtu, 08 April 2017

PENGENALAN ANIMASI & DESAIN GRAFIS (TULISAN 2)

PENGANTAR INKSCAPE

1.1       DEFINISI DAN FUNGSI SOFTWARE INKSCAPE

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.

Inkscape adalah aplikasi pengolah gambar vector yang bersifat open source. Program sejenisnya yang terdapat pada windows ialah corel draw. Gambar vector adalah gambar yang dibuat atau dibentuk dari titik, garis, kurva atau bidang dengan hitungan matematis. Antarmuka Inkscape mirip dengan CorelDraw dan program menggambar sejenis. Ada kotak, elips, teks, gambar bitmap danfreehand curve. Menariknya, dalam Inkscape, objek vektor maupun objek bitmap dapat mempunyai transparansi alpha yang dapat diubah-ubah levelnya.


Image result for inkscape logo


Inkscape memperbolehkan banyak file terbuka dalam satu waktu, bisa juga satu file dibuka dalam beberapa window terpisah. Gambar yang dibuat dengan Inkscape dapat dicetak atau diekspor menjadi bitmap PNG.


1.2       BAGIAN-BAGIAN SOFTWARE INKSCAPE

Image result for BAGIAN SOFTWARE inkscape

  • Status bar dapat Anda gunakan untuk melihat status dokumen Inkscape yang sedang Anda buat. Pada Status bar tercantum informasi-informasi seperti warna objek dan  posisi objek bila dilihat pada ukuran di ruler. Status bar dapat juga Anda gunakan untuk zooming (memperbesar- memperkecil) tampilan dokumen.
  • Menu bar berisi menu-menu untuk mengelola dokumen secara umum, seperti File →Save untuk menyimpan dokumen dan File → Print untuk mencetak dokumen.
  •      Control bar, Controls Bar berisi ikon-ikon untuk memodifikasi objek, misalnya memutar dan mengatur ukuran atau tata letak urutan objek.
  • Palette berisi warna-warna yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai objek. Bila Anda mengklik objek, kemudian mengklik warna yang Anda inginkan di Palette, maka warna objek tersebut akan berubah.
  • Commands bar berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah  pokok seperti print, open, save, dan sebagainya.
  • Toolbox berisi tool-tool yang sangat berguna dalam proses perencanaan dan  perancangan suatu desain.
  •      Koordinat dan zoom level, Memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan dokumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar